Rabu, 08 Oktober 2014

BAB 9 TRITUNGGAL MAHAKUDUS



Allah Tritunggal merupakan rangkuma dari seluruh iman dan ajaran Kristiani. Inti pokok iman akan Allah Tritunggal adalah keyakinan bahwa Allah (Bapa ) menyelamatkan manusia dalam Kristus ( Putra ) oleh Roh Kudus.

Ø  Arti Allah kita SATU
ALLAH adalah SATU , artinya adalah tunggal, utuh tak berbagi , tak tercerai – beraikan , sempurna dan tidak ada sesuatu apapun yang perlu ditambahkan kepada-Nya.Dengan kata lain , Allah adalah keutuhan , keoenuhan , dan kesempurnaan .
Makna kata SATU dalam konteks iman akan SATU ALLAH menunjukan kesempurnaan Allah , keutuhan Allah , dan kepenuhan Allah.

Ø  Arti TIGA PRIBADI dalam SATU ALLAH.
Allah adalah satu dan tiga pribadi , artinya Allah adalah Dia yang berelasi, menyapa, merangkul , menghadirkan diri , bergaul, solider dan sebagainya. Relasi Allah adalah relasi kesatuan , kesempurnaan , ketunggalan dan keutuhan dalam keihlahia – Nya.


Ø  Doa – Doa dan Ibadat yang Mengungkapkan Iman kepada Tritunggal yaitu :
a)      Tanda Salib : “Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.”
Arti tanda salib :
o  Sebagai peringatan akan Yesus yang mati sebagai juruselamat manusia
o  Sebagai tanda karya penyelamatan dan penebusan yang mendamaikan

alam semesta , memberi hidu dan mengalahkan yang jahat.

o  Menandai dirinya dengan salib sambil menyerukan nama Bapa, Putra , dan Roh Kudus, kita menempatkan diri kita seluruhnya di bawah naungan salib Yesus.

b)      Doa “Kemuliaan( Gloria)”
o   Jika kita mendoakan/ menyanyikan “kemuliaan ( gloria)”, kita ingat akan semua yang dilakukan Allah bagi kita .
o   Jika kita mendoakan/ menyanyikan “kemuliaan ( gloria)”,kita memuji Putra Allah yang setara dengan Bapa, yang menghapus dosa dunia dan yag menebus kita.
o   Dalam doa : “kemuliaan kepada Bapa , Putra dan Roh Kudus ,....”kita memuliakan Allah Tritunggal dan Kristus Penebus Kitayang mewahyukan Bapa bersam denga Roh Kudus.

c)      Syahadat ( Credo )
o   Syahadat sesungguhnya merupaka pengakuan Iman akan Allah Tritunggal.
o   Syahadat merupakn ringkasan seeluruh sejarah suci mulai dari penciptaan , penjelmaan , kebangkitan , kedatangan Roh Kudus, misteri Gereja,sakramen – sakramen, sampai dengan kehidupan kekal.

d)      Doxologi
o   Doxologi artinya doa pujian. Allah Tritunggal Mahakudus yang menjadi isi / inti doa tersebut.
o   Pada akhir doa Syukur Agung didoakan doxologi.

e)      Pembabtisan

Pembabtisan orang Kristiani memakai rumusan Trinitas

1 komentar:

  1. שלום/ Shalom saudara-saudari Kristen. Sudah pernah baca perikop Injil Markus 12 : 28 - 34? Di ayat 29 Yesus mengutip sebuah ayat dari Ulangan 6 ayat 4 yang oleh orang Yahudi sebut sebagai Shema Yisrael. Pada tiap ibadah mereka selalu mengumandangkan Shema sebagai wujud pengakuan iman bahwa YHWH ( Adonai ) adalah Elohim mereka yang esa. Di sini saya akan membagikan teks Ibraninya beserta cara mengucapkannya ( huruf Ibrani dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab )

    Teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 : " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד " ( dibaca : Shema Yisrael YHWH [ Adonai ] Eloheinu YHWH [ Adonai ] ekhad )

    Lalu dilanjutkan dengan mengucapkan berkat : " ברוך שם כבוד מלכותו לעולם ועד ( dibaca : barukh shem kevod malkuto, le'olam va'ed )
    ש🕎✡️🐟📜🖖🏻✝️🗺️🕊️🌾🍇🍎🍏🥛🍯🍷

    BalasHapus